Yuk Belajar Respect Sama Kepunyaan Orang

Aku punya 5 pot kaktus kecil yang benar-benar kurawat. They're like my kiddos and I love them so much. Sebelum-sebelumnya beberapa kali kaktusku mati. And I won't let the others end up that way. Aku sudah merawat mereka mungkin sekitar hampir 2 tahun. Kalo musim kemarau, aku nggak terlalu repot sih, paling cuma kudu nyiramin 3 hari sekali. Tapi kalo pas musim hujan kayak gini, aku nggak ada bedanya sama ngurusin bayi. Tiap ada matahari, aku jemur mereka soalnya aku nggak punya tempat aman yang bisa pastiin mereka nggak sering kena air. 

Pernah belum lama ini aku pusing tujuh keliling karena kaktus-kaktusku. Gimana nggak, pas aku liat, mereka udah tergenang air. Ya aku bingung setengah mati. Apalagi besok2nya, daun-daun mereka mulai busuk satu per satu. (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩) nangis aku kalo sampe dia mati. Apalagi, itu kaktus paling tua. Udah ngasilin sekitar 5 anakan lebih. Ntah gimanapun caranya, aku harus selametin itu zebra. Nggak boleh mati. Walaupun akarnya juga udah busuk, tetep nggak ada cerita buat buang dia di kotak sampah. 

Finally, I can save the zebra's life. Sekarang, akarnya udah mulai tumbuh lagi. I'm so happy. Pokoknya tiap ada matahari, aku jemur mereka. Nggak peduli harus berapa kali angkat2 mereka karena harus ikuti arah matahari. Sampai di titik ini, I'm happy. 

Tapi hari ini, aku jengkel setengah mati. Tadi pagi, zebra dan anak2nya aku jemur. Lalu sekitar jam satu aku tinggal briefing dan aku pulang memang udah malem. Sampe rumah, aku liat zebra udah jatoh di tanah dan udah nggak di potnya lagi, alias jatoh berantakan. Langsung aja aku maki2 nggak jelas disitu. Gimana nggak, aku rawat mereka wholeheartedly, eh tiba2 digituin. Kalo memang yg lakuin itu kucing, aku bakal buang jauh2 kucing itu. Kalo yang lakuin manusia, kelakuannya nggak ada beda sama anjing ato kucing ato ayam yang kalo jatohin benda orang nggak bakal di balikin ke tempatnya lagi. 

Dan ternyata bener, yang lakuin manusia. Dengan entengnya bilang, 'tadi aku buru-buru'. Aku cuma mikir, coba aku jatohin barang yang paling dia jaga, let's say hapenya aja lah sampe hancur, lalu aku pergi gitu aja dan bilang, 'aku tadi buru-buru,' bisa apa dia. 

So, please, respect kepunyaan orang lain. Mungkin bagi kita itu nggak penting, tapi bagi orang lain belum tentu. Kalo memang nggak bisa ngerawat, nggak ngerusak aja udah cukup kok.

Comments

Popular Posts