Jogja: Dos and Don't's

Masih inget kan pepatah dulu yang mengatakan, "dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung?" Ketika kalia mengunjungi kota-kota baru, pepatah itu harus selalu diingat ya travelers. Termasuk ketika kalian berkunjung ke Jogja. Banyak hal yang perlu diketahui ketika kita berada di sana. Berikut ini hal-hal yang harus kalian lakukan dan jangan lakukan ketika berada di Jogja.

Do's:

1.  Cari peta wisata dan pilih tempat paling dekat dulu untuk dikunjungi. Peta wisata jangan dianggap remeh loh guys. Benda ini penting banget buat nuntun kamu ke tempat-tempat seru dan menyelamatkan kamu ketika bingung dengan jalan-jalan Jogja yang banyak jalan searahnya itu.


2.  Googling tempat kuliner. Ini juga penting guys. Asal kalian tau, kalo kalian belum pernah ke Jogja, jangan sekali-sekali asal makan di pinggir jalan, apalagi di pinggir jalan Malioboro, bisa-bisa kere mendadak deh. Beberapa tempat makan pinggir jalan di Jalan Malioboro tidak memasang tarif makan, begitu bayar kena deh.

3.  Cobalah ramah kepada penduduk sekitar, hal ini ampuh diterapkan di Jogja, apalagi kalo kalian pilih wisata desa. Dengan ramah kepada penduduk sekitar, kalian bisa dapet bantuan dengan mudah guys.

4.  Manfaatkan transportasi umum Jogja. Beberapa transportasi umum andalah Jogja adalah Transjogja, becak atau andong yang ada disekitaran Malioboro guys. Kenapa ketiga alat transportasi itu? Transjogja, jelas saja, ini alat transportasi umum yang hampir menjangkau seluruh wilayah Jogja. Beberapa tempat wisata bisa di kunjungi dengan menggunakan bus Transjogja ini, misalnya Candi Prambanan, Gembiraloka Zoo, Taman Pelangi, Taman Pintar, Pusat Belanja Malioboro dan beberapa Mall di Jogja seperti Amplaz dan Galeria. Kalau andong dan becak? Ini juga pilihan alternatif yang bisa kalian nikmati. Jarang-jarang kan kalian bepergian dengan andong dan becak?

5.  Kunjungi tempat-tempat baru yang juga baru di Jogja. Eits, jangan salah lo guys, Jogja juga punya destinasi wisata baru yang belum banyak dikunjungi. Google adalah pikiran yang tepat buat tanya-tanya guys.

Don't's:

1.  Jangan coba-coba tawar-tawar barang di Malioboro ya guys kalo kalian nggak minat beli. Kalo lagi dapet jackpot, kalian bisa disemprot sama penjualnya yang pada awalnya ramah dan beruba jadi galak. Apalagi kalo penjualnya perempuan guys. :D

2.  Jangan coba-coba langgar peraturan yang ada di Jogja, misalnya langgar peraturan lalu lintas. Jogja punya banyak banget orang yang bisa kapan aja potret kelakuan kalian lalu sebarin itu di twitter loh guys. Banyak twitter-twitter info di Jogja yang akhirnya jadi pengawal ketertiban lalu lintas atau apapun di sini.

3.  Berlagak sok metropolis. Wah, pastinya ini sikap yang salah banget kalo kalian lagi ada di Jogja guys. Orang-orang di Jogja itu sederhana, ramah dan apa adanya. Mereka suka orang sopan dan nggak "celelekan". 


Itu tips kalau kalian lagi ada di Jogja ya guys. Tunggu tips lainnya ya :D

Comments

  1. ceramic vs titanium - Tiara Artists
    1. Stone Age titanium dioxide sunscreen Clay · 2. Stone Age Clay titanium water bottle · 3. Wood titanium spork Age Clay. Stone Age microtouch trimmer Clay. titanium helix earrings Ceramic Stone. Ceramic Stone. Ceramic Stone. Ceramic Stone.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts