Empat Gudeg Wajib Coba Ketika Berada di Jogja

Siapa yang tak kenal makanan khas Jogja yang satu ini. Rasanya manis dan gurih, biasa disajikan dengan sambal krecek dan lauk pauk berupa tempe bacem, ayam ataupun telur. Yuph! Gudeg! Makanan wajib cicip dari Jogja ini dapat kita temui kapan saja, termasuk ketika kita kelaparan dimalam hari. Gudeg menjadi makan yang ramah bagi pengunjung Jogja karena selain tidak perlu merogoh kocek yang dalam, makanan ini sangat mudah dijumpai di tiap sudut kota Jogja.

Berikut ini adalah referensi kuliner gudeg yang bisa kalian cicipi ketika berada di Jogja:

1. Gudeg Yu Djum, siapa yang tak kenal dengan nama ini. Gudeg Yu Djum merupakan salah satu gudeg terkenal yang ada di Jogja. Gerainya pun ada di mana-mana. Buat saya pribadi, Gudeg Yu Djum tidak menjadi pilihan utama karena rasa manisnya yang terlalu pekat. Bagi pecinta manis, tentu saja ini pilihan yang tepat. Harganya mulai dari Rp 10.000. Untuk oleh-oleh, kalian punya dua pilihan guys, antara gudeg dalam besek ataupun gudeg dalam kendil yang lauk pauknya bisa kita pilih sesuai dengan keinginan kita sendiri.






2. Gudeg Bu Tjitro, gudeg ini juga termasuk gudeg terkenal yang ada di Jogja. Nah, bagi kalian yang pengen bawa oleh-oleh atau punya stok gudeg, Gudeg Bu Tjitro ini juga menyediakan gudeg yang dikemas dalam kaleng yang bisa bertahan sampai satu tahun. Gudeg kaleng ini juga sudah mengantongi lisensi dari LIPI lo guys, jadi aman buat di konsumsi.





3. Gudeg Ibu Kota, Gudeg Ibu Kota ini berada di Jalan Solo, tepatnya di depan toko sepatu Ibu Kota. Buka tiap pukul 21.00 malam sampai habis, gudeg ini cocok buat kalian yang tiba-tiba merasa lapar tengah malam. Berbeda dengan dua gudeg sebelumnya, gudeg Ibu Kota ini merupakan gudeg basah yang gurih dan nyamleng dimulut. Tidak terlalu manis dan pas bagi lidah para perantau yang tidak terbiasa dengan rasa manis yang kuat.



4. Gudeg Mercon Ibu Tinah, berada di belakang pasar kranggan, gudeg ini menarik perhatian terlebih lagi bagi para pecinta pedas. Sesuai namanya, gudeg mercon, gudeg ini bagai mercon yang meletup-letup di mulut karena saking pedasnya. Gudeg ini buka dari pukul 21.00-02.00 dini hari.





Foto: dari berbagai sumber

Comments

Popular Posts