Half Day Traveling: Ini Tiga Hukum yang Wajib Kamu Ikuti

Kita kadang (sering) dihadapkan dengan situasi yang nggak banget. Weekend tapi harus tetep kerja (walaupun cuma setengah hari), cuma singgah sebentar doang di suatu kota atau konco wolak-walikmu yang cuma bisa diajak jalan habis makan siang. Ketika kamu cuma punya waktu singkat untuk menikmati apa yang ada di sekitarmu, nggak ada salahnya kalo kamu ikuti tiga hukum wajib half day traveling ini. Mungkin nggak berguna, mungkin juga berguna. Tapi baca ajalah, siapa tau berguna.



Petakan Perjalananmu
Hal ini penting banget karena berkaitan dengan waktu tempuh menuju destinasi-destinasi yang sudah kamu rencanakan. Terutama kalo kamu memasukkan agenda melihat sunset di perjalanan setengah harimu ini. Perhitungan posisi dan jarak tempuh yang salah bisa jadi masalah loh. Untuk itu, sebelum mengeksekusi tripmu, lebih baik buka google maps dan petakan perjalananmu dulu.

Pilih Objek-objek Menarik yang Saling Berdekatan
Karena kamu cuma punya waktu setengah hari, kamu harus jeli memilih objek tujuan yang saling berdekatan. Jangan sampai tripmu cuma habis di jalan. Kan nggak asik tuh! Nah, di Jogja, kamu nggak akan kesulitan menemukan objek-objek menarik yang letaknya berdekatan. Ingat, objek menarik tidak melulu objek wisata loh. Bisa jadi itu hanya hamparan sawah nan luas, perkebunan bahkan tambang batu. 

Cobalah Fleksibel
Di perjalanan, bukan nggak mungkin kalo kamu tiba-tiba nemu tempat-tempat baru yang seru. Kamu jadi tertarik dan berhenti sejenak di sana. Biasanya, kamu akan butuh waktu sekitar 5-10 menit untuk eksplorasi awal alias melihat-lihat sekeliling sambil coba ambil gambar pake kamera. Kalo nggak cocok, ya tinggalin aja. Nah, masalahnya kalo kamu memang merasa tempat itu keren. Biasanya kamu jadi lupa waktu. Potret sana-potret sini mungkin lebih dari setengah jam bisa habis di sana. Maka, cobalah fleksibel! Jangan terlalu tergesa dan dipaksakan. Kamu bisa lanjutkan tripmu dengan menyisipkan objek baru atau relakan salah satu agar tripmu tetap seru.

Comments

Popular Posts